Print this page
Sunday, 28 January 2018 16:54

Prosedur Tanah Sebelum Dibeli

Written by

Pertanyaan:
 
Prosedur Tanah Sebelum Dibeli
 
Selamat sore Notaris/PPAT Batam, kami ingin membeli tanah di Batam melalui seseorang. Dikarenakan kami bukan warga Batam, tentu saja kami ingin mengecek status lahan tersebut, bagaimana caranya Pak?
Pengirim: +628121553xxxx

Jawaban:
 
Anda Bisa Cek Melalui Tim Kami
 
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berdasarkan data yang ada, saat ini di Batam, hak pengelolaan tanah yang sudah terdaftar di Badan Pengusahaan (BP) Batam mencapai lebih 40 persen dari luas Pulau Batam. Di atas hak pengelolaan, diterbitkan juga hak-hak atas tanah, baik atas nama per orangan atau atas nama badan hukum berupa hak milik, Hak Guna Bangunan (HGB) dan Hak Pakai (HP). Pemberian hak atas tanah di atas tanah hak pengelolaan memang dimungkinkan oleh peraturan perundangan terutama jenis hak yang berjangka waktu.
 
Di Batam, pemberian hak milik, HGB tidak mengakibatkan hapusnya hak pengelolaan. Sehingga hubungan hukum pemegang hak pengelolaan dengan tanah hak pengelolaannya tidak berakhir. Dengan pengertian lain pemengang hak pengelolaan tetap memliki kewenangan atas tanah-tanah hak pengelolaannya meskipun diatas tanah hak pengelolaan itu telah terbit hak milik, HGB atau hak pakai atas nama pihak lain. Untuk pengecekan lahan tersebut, Anda bisa mengecek melalui kantor Notaris/PPAT Batam Wirlisman, SH. Demikian penjelasannya.

Read 638 times
Wirlisman, SH Notaris & PPAT

Komplek Jaya Putra Blok B/5 Jalan Raja Ali Haji, Kel. Sungai Jodoh, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Provinsi Kepri, Indonesia, 29453 | Website: www.notarisppat.co.id Email: info[at]notarisppat.co.id | Mobiles phone (+62) 812-7060-0277 or (+62) 813-1476-6227 | Kirim Pertanyaan Klik Di Sini !

Related items

Our website is protected by DMC Firewall!